Kawasaki KR-1S, Motor 2tak 250cc terkencang yang pernah produksi massal

Howwee gan gan… ngomongin soal motor kencang itu seperrinya tidak ada yang bisa ngalahin motor di ajang balap Motogp.

Memang motor untuk Urusan balap di moto3, moto2, motogp bahkan motor lawas GP125, GP250 atau GP500 nama lawasnya itu semua tidak di pasarkan bebas secara massal..yup..

Tapi tahukah masbro bahwa ada motor yang dijual bebas secara masspro yang pernah di klaim sebagai motor terkencang untuk kelas 250cc 2 tak, naah ternyata gelar itu disandang oleh motor ninja 2 tak yang ini bro..

Motor apa sih yang terkencang untuk kelas 2 tak 250cc produksi massal pada masanya???

Motor ninja 2tak berikut ini memiliki performa yang maksimalnya 30,1dk dengan torsi 21,6Nm.

Motor ini adalah kawasaki KR-1S yang dianggap sebagai motor fenomenal, motor 2 tak 250cc dari geng hijau.

Kawasaki Ninja KR-1S ini lahir sekotar 30tahun yang lalu atau pada tahun 1988 disaat motor motor kencang banyak bermunculan di jalanan. Dan hebatnya adalah saat KR-1S ini lahir langsung mendapatkan gelar sebagai moto 2tak terkencang bro…

Hal itu karena dengan performa standarnya, KR-1S dapat menempuh kecepatan maksimal sampai 225 Km/jam dalam kondisi standar tidak perlu dioprek-oprek lagi.

Bermodalkan mesin 2-Tak 250 cc 2 silinder, Kawasaki KR-1S punya power maksimal 64,11 dk dan torsi yang tembus 37,5 Nm!
Oke, power dan torsi sudah hampir dua kali lipat Ninja 150, tapi Kawasaki KR-1S punya bobot kosong 131 kg saja.

Wow, Ninja 150 versi RR saja sudah 134 kg bobot kosongnya.

Simbahnya lebih ringan lagi tapi powernya lebih gede, nggak terbayang tarikannya KR-1S seperti apa kan bro???

Kalau melihat desainnya memang kaku seperti balok, kalah keren dengan pesaingnya seperti Yamaha TZR250SP, Honda NSR250SP, dan Suzuki RGV250. Namun itu desain yang sudah bagus di jamannya karena memang ngetren begitu bro..

Tapi buat penggila kecepatan sih enggak peduli deh sama tampilan, yang penting mesinnya.

Hal ini yang membuat Kawasaki KR-1S jadi digemari pada speedlover era itu dan sering dipakai balapan karena mesinnya gampang banget buat dioprek.

Sayangnya Kawasaki menghentikan produksi Kawasaki KR-1S pada tahun 1992, cuma empat tahun saja beredarnya.

Hal inilah yang membuat Kawasaki KR-1S dikenal sebagai motor 250cc dua tak yang paling langka dibandingkan tiga pabrikan Jepang lainnya.

Satu hal yang bikin unik, Kawasaki KR-1S enggak mendapatkan panggilan Ninja…loh…

Tau gak..bahwa kawasaki KR-1S ini topspeednya mencapai 225,7 km/h. Wediaaan tenaann…

Spesifikasi Kawasaki KR-1S

Make Model

Kawasaki KR1S

Year

1989 – 1992

Engine

Ttwo stroke, parallel twin cylinder, Electronic variable exhaust valve ( KIPS ) equipment

Capacity

249 cc / 15.2 cu-in
Bore x Stroke 56.0 x 50.6 mm
Cooling System Liquid cooled
Compression Ratio 7.4:1

Induction

2x 28mm KeihinPWK carburetor

Ignition

Capacitor discharge
Starting Kick

Max Power

65 HP @ 10500 rpm

Max Torque

3.75 KGf-M @ 10500 rpm

Transmission

6 Speed
Final Drive Chain
Frame Tubular diamond, Aluminium extruded E-Box frame

Front Suspension

41mm stanchions, air assisted telescopic fork with unstepped preload adjustment

Rear Suspension

Bottom Link Uni-Trak with air adjustable gas shock, unstepped preload, and four-way rebound damping

Front Brakes

2x discs 4 piston calipers

Rear Brakes

Single disc 2 piston caliper

Front Tyre

100/70 VR17

Rear Tyre

130/60 VR18
Rake 24.0°
Trail 90 mm / 3.5 in
Dimensions Height 1,365 mm / 53.7 in
Length 2,015 mm / 79.3 in
Width 695 mm / 27.4 in
Wheelbase 1365 mm / 53.7 in
Seat Height 755 mm / 29.7 in

Dry Weight

131 kg / 288.8 lbs

Fuel Capacity

16.0 Litres / 4.2 gal

Consumption Average

36 mpg

Standing ¼ Mile

12.9 sec / 108 mph 173.8 km/h

Top Speed

225.7 km/h
Iklan

1 thought on “Kawasaki KR-1S, Motor 2tak 250cc terkencang yang pernah produksi massal

Please insert your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s