Honda sedang mengembangkan teknologi DCT untuk seluruh jajaran SportBikenya

image

Haallooo…..mas Bro, Honda saat ini diberitakan sedang mempersiapkan teknologi DCT yaitu Dual Clutch Transmission untuk diaplikasikan ke seluruh jajaran sport bike. Saat ini, teknologi DCT tersebut sudah diaplikasikan pada Honda NC750X, VFR1200F, dan Twin Africa.
Mengaplikasikan teknologi DCT ini merupakan yang pertama kali di dunia diterapkan pada sepeda motor, kelebihan dari Transmisi kopling ganda adalah menawarkan kinerja terbaik dibanding konvensional, bukan hanya kemudahan percepatan perpindahan gigi tanpa jeda, tapi juga meminimalkan shifting.
Sayangnya walaupun memiliki kinerja yang cukup mumpuni, namun penerapan DCT masih memiliki halangan bila diterapkan ke jajaran sport bike yakni ukuran terlalu besar dan bobotnya berat.
Engineer Honda Kosaku Takahashi menyampaikan bahwa “Saat ini saja, ketika diterapkan pada NC750X dan Twin Africa, itu bisa menambah bobot hingga 10kg,”.
Lebih jauh lagi, Kosaku Takahashi mengatakan, jika ada dua motor balap identik dengan bobot yang sama, tetapi salah satu menggunakan teknologi DCT maka ia yang akan lebih cepat. Kendalanya kembali pada bobotnya yang terlalu berat otomatis mempengaruhi power weight to ratio dari sport bike tersebut. Bisa jadi saat ini sedang diriset lebih lanjut agar bobot tetap namun bisa mengaplikasikan teknologi Dual Clutch Transmission.
Sedangkan untuk mengaplikasikannya ke sport bike sampai sekarang Honda masih belum secara jelas kapan akan diterapkan pada seluruh jajaran sport bikenya, ya….kita tunggu kelanjutannya nanti aja mas Bro. Terima kasih.

5 thoughts on “Honda sedang mengembangkan teknologi DCT untuk seluruh jajaran SportBikenya

Please insert your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s