Hasil uji test Honda Sonic 150 R, Suzuki Satria 150 FI, MX King 150 berdasarkan tabloid Motorplus

Haalloooo…..Mas Bro, setelah sebelumnya tabloid Otoplus melakukan test ride pada Suzuki Satria 150 FI kini giliran tabloid motorplus ikut turut bagian juga dalam sesi test ride Suzuki Satria 150 FI. Eeiitzzz…..bukan hanya Suzuki Satria 150 FI saja mas bro, tapi dikomparasi pula dengan MX King 150 da Honda Sonic 150 R. Saya akan jabarkan secara singkat disini, kalau mas bro kurang puas beli tabloidnya segera di agen koran atau toko buku terdekat di kota anda 😉 .
Berdasarkan penjelasan dari Motorplus dilakukan pengukuran Dyno dari Suzuki Satria F150, Honda Sonic 150R dan Yamaha MX King Menggunakan mesin Dyno R9 Premium store di kebun Jeruk dan didapatkanlah hasil seperti tabel di bawah ini mas bro:

image

Maka didapatkanlah hasil Honda Sonic 150R mempunyai torsi maksimum paling besar yakni 13,77 Nm@ 6200 rpm, kemudian disusul dengan Yamaha MX-King 150 menorehkan torsi maksimum sebesar 12,23 Nm @6250 rpm dan yang terakhir Satria F150 dengan torsi maksimum sebesar 10,64 Nm @8.510 RPM.

image

Bila melihat pada data diatas terlihat memang sejatinya karakter Satria F150 Overbore murni, dimana torsi maksimal diraih saat mencapai raungan rpm yang tinggi. Kurva torsi hasil pengukuran Motorplus antara Sonic 150R dan MX-King 150 pada dasarnya mirip, namun secara angka kuantitatif, menurut pengukuran yang dilakukan oleh Motorplus Sonic 150R mengalahkan MX King dan juga Satria F150.

image

Jika barusan membahas soal torsi yang diraih maka selanjut besaran power yang didapatkan dari ketiga mesin tersebut. Hasil pengukurannya adalah Honda Sonic memiliki power maksimum paling besar diantara yang lain nya yakni sebesar 14,9 Hp @8250 rpm, sedangkan Suzuki Satria F150 menempati posisi kedua dengan torehan power maksimum sebesar 14,44 hp @ 10.525 RPM. Terakhir adalah Yamaha MX-King yang memiliki Power paling kecil diantara ketiga motor yang ditest Motorplus ini hanya sebesar 13,12 hp@8160 RPM.

image

Berikutnya adalah bagaimana akselerasi dari ketiga kendaraan tersebut??… Motorplus menggunakan Vericom VC3000 sebagai alat untuk mengukur akselerasi ketiga ke daraan tersebut. Hasil akselerasi 0-60 km/h Honda Sonic 150 R membutuhkan waktu 3,46 detik sedangkan Suzuki Satria F150 membutuhkan 3,83 detik dan yang terakhir lagi-lagi Yamaha MX-King menjadi paling lambat membutuhkan waktu 4 detik.
Saat pengetesan dengan drag race, karakter mesin Overbore milik Suzuki Satria F150 kelihatan saat diuji drag sejauh 201 meter dimana Satria menjadi yang tercepat membukukan waktu selama 10,86 detik dan menggungguli Honda Sonic 150 R dengan selisih jarak 0,13 detik, sedangkan Yamaha MX-King jadi yang paling terakhir menyentuh garis 201 meter dengan catatan waktu 11,4 detik.

image

Melihat dari hasil uji test yamg dilakukan oleh Motorplus, Honda Sonic 150 R lebih unggul dibanding Suzuki Satria 150 FI dan Yamaha MX King 150. Namun saat test drag 201 meter terlihat Suzuki Satria 150 FI menguasai. So…..pilihan ada pada mas bro, ini hanya sekedar test yang mana sebenarnya tiap hasilnya.pun tidak selalu sama antara si A dan si B, sikapi dengan bijak, Terima kasih.

Please insert your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s