Perkenalkan retrobike modern Moto Guzzi Bobber dan Roamer

image

Haallooo….mas bro, apa kabar?? Virus retrobike nampaknya sedang mewabah di seluruh penjuru dunia, banyak pabrikan motor menghadirkan varian retrobike mereka ke dalam salah satu katalog penjualan Pabrikan asal Italia -Moto Guzzi, Selain meluncurkan Moto Guzzi V7II Stone dan Racer, ternyata juga merilis motor sport bergenre retro terbaru bernama Moto Guzzi V9 Bobber dan Roamer. Dengan model motor ini, Moto Guzzi ingin membuka segmen baru di kelas motor soprt retro modern.

Varian retro sport ini Mengusung mesin berkonfigurasi V-Twin 90 derajat dengan bore 84 mm dan stroke 77 mm, menghasilkan kapasitas mesin sebesar 850 cc hingga mampu memuntahkan Daya sebesar 55 hp di 6.250 rpm dan torsi maksimum 62 Nm di 3.000 rpm. Motor ini memakai sistem transfer tenaga yang disalurkan menggunakan gardan bertransmisi 6-speed dan single dry plate clutch berdiameter 170 mm.

image

Beralih ke sektor kaki-kaki, suspensi depan memakai long travel 130 mm dengan inverted forks dan sokbreker belakang menggunakan preload adjustable. Penghenti laju kendaraan dipercayakan pada kaliper Brembo 4-piston dengan lebar piringan 320 mm di depan, dan kaliper Brembo 2-piston dengan lebar piringan 260 mm di belakang. Berikut ini spesifikasi yang saya berhasil rangkum dari otomotifnet:

ENGINE
Type : 90° V-twin, 4-stroke, 2-valves per cylinder
Cooling system : air and oil
Displacement : 853 cc
Bore and stroke : 84 x 77 mm
Compression ratio : 10.5: 1
Maximum power : 40.44 kW (55 HP) at 6,250 rpm
Torque : 62 Nm at 3,000 rpm
Fuel system : Marelli MIU single-body electronic injection, integrated management of traction control on 2 levels
Starting : electric
Exhaust system : stainless steel, 2-in-2 type, three-way catalytic converter with double lambda probe
Emissions compliance : Euro 4
TRANSMISSION
Gearbox : 6 speeds with final overdrive
Gear ratio values :
1st 16/39 = 1: 2.437
2nd 18/32 = 1: 1.778
3rd 21/28 = 1: 1.333
4th 24/26 = 1: 1.083.
5th 25/24 = 1: 0.96
6th 28/24 = 1: 0.857
Primary drive : with helical teeth, ratio 21/25 = 1: 1.190)
Final drive : double universal joint and double bevel gear units (8/33 ratio = 1: 4.125)
Clutch : Ø 170 mm single disc with integrated flexible couplings
CHASSIS
Frame : ALS steel twin tube cradle frame
Wheelbase : 1465 mm
Trail : 125.1 mm (116.1 mm)
Headstock angle : 26.4°.Steering angle : 38°
Front suspension : standard fork, Ø 40 mm
Front wheel travel : 130 mm
Rear suspension : swingarm with double shock absorber with adjustable spring preload
Rear wheel travel : 97 mm
Front Brake : stainless steel floating disc, Ø 320 mm Brembo opposed four-piston callipers
Rear Brake : stainless steel floating disc, Ø 260 mm Brembo opposed two-piston callipers
Wheels : Aluminium alloy
Front wheel rim : 2.50” x 19” (3.50” x 16”)
Rear wheel rim : 4.00” x 16”
Front tyre : 100/90 – 19” (130/90 – 16”)
Rear tyre : 150/80 – 16” (150/80 B 16”)
ELECTRICAL SYSTEM
System voltage : 12 V
Battery : 12V – 18 Ah
DIMENSIONS
Length : 2240 mm (2185 mm)
Width : 865 mm (840 mm)
Height : 1165 mm (1160 mm)
Saddle height : 785 mm (780 mm)
Kerb weight : 199 Kg
Fuel tank capacity : 15 litres
Reserve : 4 litres

image

Kemudian fitur penghenti laju kendaraan pada Moto Guzzi V9 ini selain mempercayakan pada Brembo ternyata dilengkapi juga dengan perangkat ABS dan Moto Guzzi Traction Control (MGTC). Selain itu ada juga fitur immobiliser dan USB port yang dapat digunakan sebagar charger handphone.
Memenuhi standar emisi gas buang maka motor ini juga telah mengadopsi sistem injeksi dari Marelli dengan ECU yang kesemuanya baru. Agar gas buang yang dihasilkan ramah lingkungan kemudian Moto Guzzi memberikan three-way catalytic converter dan double oxygen sensor serta beberapa perangkat lainnya agar dapat memenuhi standar Euro 4.
Masih kurang puas dengan fitur yang diberikan mas bro??…. tenang aja mas bro Moto Guzzi menambahkan sebuah aplikasi yang bisa download di App Store dan Google Play aplikasi tersebut bernama Moto Guzzi Media Platform (MGMP). Aplikasi ini dapat memberikan informasi kendaraan dan beberapa parameter lain. Seperti spidometer, instant torque, rev counter, instant power, instant and average fuel consumption, average speed and voltage accu, dan longitudinal acceleration. Ada juga fitur Eco Ride untuk membantu hemat BBM dan Grip warning yang berfungsi mengetahui maksimum visibilitas dan memberikan informasi kondisi jalan.
Bagaimana mas bro tertarik untuk memilikinya??… apalagi sekarang ini sedang mewabah varian retrobike di seantero dunia, terima kasih.

1 thought on “Perkenalkan retrobike modern Moto Guzzi Bobber dan Roamer

Please insert your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s