Edaaan!!!! Mobil ciptaan mahasiswa Indonesia ini bisa menempuh 275 km hanya dengan seliter premium

image

Halllloo mas Bro…..lagi rada bisan bahas roda dua, kali ini mau ngebahas tentang team dari Indonesia yang sedang berlomba dikancah nasional. Masih tetap di jalur otomotive mas Bro tenang aja nggak menyimpang dari kodrat blog ini. Para mahasiswa Indonesia berotak cerdas kembali berpartisipasi dalam perhelatan lomba Shell Eco-marathon Asia 2016 yang diadakan di Manila Filipina pada tanggal 3-6 Maret kemarin. Sebanyak 20 tim mahasiswa dari 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berasal dari 10 kota akan menjadi Tim Shell Eco-Marathon Indonesia (SEM) 2016.
Pada gelaran Shell Eco-marathon Asia 2016 ini, 20 tim mahasiswa Indonesia akan berlaga di pertandingan on track pada kategori kendaraan Prototype dan UrbanConcept serta dalam sub kategori berbagai sumber energi. Tim mahasiswa Indonesia ini juga berlaga di pertandingan off-track yang terdiri dari Communications Award, Shell Helix Tribology Award, Vehicle Design Award, Technical Innovation Award, Safety Award serta Perseverance & Spirit of the Event Award.
Selaniutnya ada 24 On-Track Award yang dipertandingkan pada Shell Eco-marathon Asia 2016 ini dengan hadiah uang senilai US$2.000 untuk pemenang baik di kategori Prototype dan UrbanConcept.
Tim Sadewa dari Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih juara pertama untuk kategori mobil UrbanConcept saat bersaing dengan lebih dari 117 tim mahasiswa dari 17 negara di Asia, Timur Tengah, dan Australia pada ajang Shell Eco-marathon Asia 2016 di Rizal Park Manila, Filipina kemarin.
Alfian Ibnu Pratama, Manajer Tim Sadewa berujar bahwa ”Ini adalah sebuah kemenangan yang tidak pernah kami duga dan targetkan sebelumnya. Tahun lalu, mobil kami tidak bisa masuk ke trek karena berbagai kendala teknis,”
Namun siapa sangka, mobil yang mereka ciptakan kini dua kali lipat lebih hemat dari hasil kemenangan yang diraih tahun lalu. Dimana tahun lalu mobil berbahan bakar gasoline (premium) ciptaan mereka hanya mampu menempuh 162km untuk 1 liternya kini melonjak dua kali lipat menjadi 275km untuk seliter premium. Buuzzzeettt!!!! Dach….uiirrriiitt banget ini mobil, ditambah lagi desain kendaraan yang mereka gunakan mendekati dengan kendaraan massal yang biasa mengaspal di jalanan tentu ini menjadi point plus tersendiri. Hebatnya lagi bukan hanya di tingkat Asia saja bahkan mobil merekabyang berhasil meraih juara pertama di kategori UrbanConcept ini, akan dilombakan dalam ajang di tingkat yang lebih jauh.
Mereka akan ikut dalam ajang balapan mobil sejenis yaitu “Drivers World Championship” yang akan berlangsung di Queen Elizabeth Olympic Park, London, Inggris pada tanggal 30 Juni–3 Juli 2016, bersama dua tim lain yang juga berasal dari Indonesia, antara lain Tim 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Well….yang seperti ini seharusnya patut mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh oleh negara, jangan sampai ditelantarkan serta dibiarkan begitu saja seolah-olah menutup mata, maka jangan disalahkan bila negara tidak menghargai kepintaran mereka, kemudian mereka memilih hijrah ke negara lain. Terima kasih.

1 thought on “Edaaan!!!! Mobil ciptaan mahasiswa Indonesia ini bisa menempuh 275 km hanya dengan seliter premium

Please insert your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s