Pendapat Marquez dan Pedrosa terkait penggunaan winglet pada besutan mereka

image

Haloo masBroo……seperti yang kita ketahui musim balapan motogp tahun lalu kubu Ducati menggunakan winglet atau semacam sayap yang nempel di fairing depan bagian atas. Pada saat itu banyak bermunculan meme otomotif tentang winglet yang digunakan oleh Ducati. Ibarat kata lain ladang lain belalang, lain dulu lain sekarang. Jika kemaren hanya Ducati saja yang memakai winglet dan sempat yamaha factory memakainya sekali race saat musim lalu.
Nampaknya tahun ini pun pihak HRC Honda juga menggunakan winglet untuk motor yang digunakan saat sesi test pramusim di Qatar kemaren.
Alasan digunakannya Winglet adalah untuk  anti wheelie. Seperti kita ketahui sebenarnya Anti wheelie dibutuhkan untuk memberikan efek seperti ‘DownForce’ agar ban depan tidak terangkat ke atas yang menyebabkan motor kehilangan traksi dan power yang terbuang percuma.
Sebenarnya anti wheelie sendiri sudah dibenamkan pada elektronik yang disuplay oleh Magneti Marelli dalam Unified software, namun electronic Anti Wheelie pada perangkat tersebut bekerja dengan mematikan atau menurunkan power dalam sekejap agar ban depan tidak terangkat. Nah dengan menghilangkan power inilah, pihak pabrikan melihat ada kemungkinan akan kehilangan momentum. Seperti yang kita ketahui dalam atmosfer balapan MotoGP dengan tingkat kekompetitifan yang semakin tinggi, kehilangan 0,1 detik akan jadi sangat berarti bagi team dan pembalap.

image

Lhaaa….terus bijimane biar ndak kehilangan momentum?? Tentu pilihannya ada pada winglet yang diharapkan mengurangi efek wheelie pada ban depan. Pada sesi test pramusim kemaren Marquez dan Pedrosa mencoba menggunakan part tersebut. Berikut penuturan kedua pembalap:
Dani Pedrosa said “Yes today we try some little wing on our bike, and obviously there is some diferences, there are some positive and negative. we reach out the first run, I guess we need to change things to improove but . . . obviously there are good points as long as the Negative
Yang bila diterjemahkan secara bebas kurang lebih begini “Ya Hari ini kami mencoba sayap kecil pada motor kami, tentunya ada beberapa perbedaan. Ada sisi positif dan sisi negatif. Kami telah melakukan lap pertama kami, dan saya rasa kami harus mengubah beberapa hal untuk lebih meningkatkan performa. Tentunya ada point positif dan negatif.
Berikutnya adalah penuturan dari Marc Marquez.
Marc Marquez said “Oke I try only one run, with humidity is hight and track is more slippery, and Ok I didnt feel a big big difference, I mean the wings will not fix our problems. It looks like a small diference, of course our wing is very small and so difficult to find the difference, but tomorrow we will try more
Kurang lebih bila saya artikan seperti ini masbroo….
” Oke saya hanya mencoba satu lap dengan tingkat kelembaban yang tinggi dan Track/lintasan yang lebih licin. Ok saya tidak merasakan perbedaan yang besar, aku merasa winglets tidak akan menyelesaikan masalah kami. Hanya terlihat seperti perbedaan kecil, tentunya winglet kami cukup kecil dan sangat sulit merasakan perbedaanya, namun besok kami akan coba lebih lagi “
Ternyata penggunaan winglet pada besutan Marquez dan Pedrosa belum memberikan kontribusi yang berarti, tentu ini akan menjadi PR bagi team HRC. Well….semoga saja problem lekas terselesaikan dan balapan musim ini menjadi lebih seru daripada musim kemaren.

image

Please insert your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s